Bahaya Minum Air Dingin

Minum air dingin, terutama di musim panas, terasa sangat menyenangkan. Ini dapat membantu Anda dalam mendinginkan suhu tubuh dengan cepat.

Tapi apakah Anda pernah berpikir tentang bagaimana mungkin hal ini nantinya akan merugikan tubuh Anda? Sehingga mampu membuat Anda memberikan cukup alasan untuk mulai membatasi penggunaan air dingin, karena sangat membahayakan saluran pencernaan Anda.

Ketika makan di luar, saya selalu meminta pelayanan untuk menyediakan air minum tanpa es, bahkan di musim panas sekalipun.

Ini mungkin tampak aneh, beginilah penjelasannya.

Sebagai contohnya adalah pada saat musim semi, Anda berdiri di dermaga kayu yang membentang di atas danau & gunung yang tinggi. Sementara suhu di udara cukup hangat, lapisan atas danau baru saja mencair dan dapat terlihat dengan warna air biru jernih yang menandakan bahwa suhu air tersebut juga hangat. Lalu Anda menutup mata dan menyelam di danau tersebut.

Apa yang tubuh Anda rasakan? Bagaimana rasanya kulit Anda? Apakah Anda merasa santai dan nyaman, atau sebaliknya?

Anda mungkin tahu bahwa air hangat dapat membuka pori-pori Anda dan membuat kulit Anda merasa lebih longgar, sementara air dingin menutup pori-pori Anda dan menyempitkan kulit.

Jadi apa yang Anda pikirkan jika air dingin yang Anda minum masuk ke saluran pencernaan Anda? Minum air es (dingin) dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

Apakah Pengaruh Minum Air Dingin?

Ketika Anda minum minuman dingin, pembuluh darah mengecil, pencernaan Anda menjadi terbatas, dan hidrasi terhalang. Alih-alih bekerja untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi untuk menciptakan energi, tubuh Anda mengeluarkan energi untuk mengatur suhu Anda. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan air.

Minum air dingin setelah makan dapat menciptakan lendir yang berlebihan di dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah untuk menangkap dingin dan penyakit lainnya. Jika Anda makan makanan disertai dengan minum minuman dingin, maka saluran Anda akan merasa sulit untuk mencerna lemak dari tubuh Anda dan tentunya akan sangat mengganggu kesehatan Anda. (baca: 5 Masalah Kesehatan Terbesar di Indonesia

Beberapa berpendapat bahwa minum air es ini menguntungkan karena membakar lebih banyak kalori. Saya berpendapat bahwa kita tidak ingin membuat pekerjaan sistem pencernaan kita lebih keras; kita harus membuat hal-hal mudah untuk sistem pencernaan. Ada banyak cara lain untuk membakar kalori!

Apakah Manfaat Air Hangat?

Berikut adalah beberapa manfaat dari air hangat:

  • Hal ini dapat meningkatkan hidrasi lebih cepat.
  • Enzim pencernaan akan mengalami distimulasi karena pencernaan mengalami peningkatan.
  • Makanan mudah hancur dan mempermudah saluran pencernaan.
  • Buang air besar Anda lebih baik (air hangat dengan lemon di pagi hari sangat bagus untuk ini).
  • Ini memurnikan darah dan meningkatkan proses detoksifikasi alami tubuh Anda melalui kulit, ginjal, dan sistem limfatik.

    Jika Anda terbiasa minum air hangat, Anda akan merasakan peningkatan dramatis dalam pencernaan Anda dan cara tubuh Anda mengelola makanan yang dicerna akan lebih baik. Untuk lebih optimalnya, beberapa orang juga berpendapat agar mengurangi kadar gula pada minuman.

    Jadi, nanti pada saat Anda makan di luar, ajukan pada pelayan, "Jangan minuman dingin!"

    Sumber