Jenis Nyeri Kepala Dan Cara Untuk Mengatasinya

Berdasarkan data klasifikasi nyeri di kepala yang dirilis oleh International headache Society (HIS) pada tahun 2003, suatu perkumpulan para ahli medis penyakit kepala. Jenis nyeri kepala terbagi menjadi:

1. Nyeri Primer (Primary Headache)

Jenis yang termasuk termasuk dalam kategori ini adalah nyeri kepala tegang (tension headache), migrain (migraine headache), dan nyeri di sebagian area kepala (cluster headache).

Meski tak bersifat fatal, namun nyeri ini bisa menyerupai pertanda yang mirip stroke. Kondisi terburuk dari nyeri primer adalah dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Meski setiap orang memiliki kemampuan masing-masing dalam hal mengatasi gangguan ini.

2. Nyeri Sekunder (Secondary Headache)

Gangguan ini berasal dari gangguan medis lain termasuk infeksi di kepala atau leher. Maka bisa diklasifikasikan bahwa penyebabnya sangat luas.

Hal ini dapat disebabkan dari infeksi kondisi gigi yang berlubang dan infeksi saluran sinus. Penyebab lainnya berasal dari tekanan darah tinggi, pendarahan di otak atau infeksi di otak seperti meningitis dan nyeri traumatik yang diderita oleh seorang yang mengalami gegar otak, penyalahgunaan obat dan kondisi hangover setelah mengkonsumsi alkohal secara berlebihan.

3. Nyeri Kepala Lainnya

Nyeri syaraf (cranial neuralgia) dan nyeri di muka (facial pain) adalah beberapa dari jenis kategori nyeri sekunder lainnya.

Neuralgia berarti nyeri yang diakibatkan gangguan syaraf, sedangkan cranial neuralgia merupakan nyeri akibat radang yang menimpa satu dari dua belas syaraf yang menghubungkan otak dengan kepala dan leher. Hal itu timbul karena syaraf-syaraf tersebut membawa sensor, seperti rasa nyeri.

Pertolongan saat terjadi nyeri di kepala:

  • Lakukan peregangan ringan seperti memijat kepala
  • Istirahat dengan suasana tenang
  • Kompres kepala dengan air keran
  • Konsumsi makanan seperti kentang rebus dan minum air jahe.
  • Pepatah mengatakan, "mencegah lebih baik daripada mengobati." Guna mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan maka sebaiknya segera lindungi kesehatan Anda & keluarga dengan membeli produk asuransi kesehatan di Pasar Asuransi dan dapatkan penawaran menarik.